Cara Daftar PPPK/P3K via link ssp3k.bkn.go.id Tahun 2019 yang benar
Cara Daftar PPPK/P3K
via link ssp3k.bkn.go.id Tahun 2019 yang benar – BKN dan Tim Seleksi Calaon
Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 pada link ssp3k.bkn.go.id mengundang
seluruh warga Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi bagian dari
pegawai pemerintah dan bergabung menjadi ASN serta membangun negeri.
Memenuhi kualifikasi yang dimaksud adalah Tenaga Honor yang sudah mengabdi lama, atu bisa disebut juga dengan Tenaga Honor Kategori II (TH KII) yang terdiri dari Tenaga Pendidik, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penyuluh Pertanian.
Kali ini saya akan
memposting Cara Daftar PPPK/P3K via link ssp3k.bkn.go.id Tahun 2019 yang benar
dan meminimalisir kesalahan kesalahan, khususnya pada Tenaga Pendidik. Diharapkan
ketika mendaftar untuk selalu membaca terlebih dahulu perintah-perintah yang
tertera pada menu-menu di link ssp3k.bkn.go.id dan jang terburu-buru.
Yang pertama ketika mau mendaftar kita siapkan terlebih dahulu kuota internet ataupun jaringan wifinya, dikarenakan link ini diakses beribu-ribu pendaftar jadi sangat susah untuk masuk.
Kemudian kita masuk ke link ssp3k.bkn.go.id. kita bisa mengakses link ini menggunakan android/hp canggih atau laptop dan komputer.
Klik tanda garis tiga
dipojok atas sebelah kanan dan akan muncul seperti gambar dibawah.
Kita pilih Menu Home, Alur, Registrasi, Helpdeks, FAQ, Layanan Informasi dan Login. Kita klik MENU REGISTRASI
LANGKAH PERTAMA: PENGECEKAN IDENTITAS
kita isi kolom-kolom Data kosong yang diminta oleh BKN:
a. Isi No Tes Kategori II (pada tahun 2013) untuk Tenaga
Pendidik, yang berjumlah 12 digit tanpa spasi, strip, minus, dash;
b. Isi Tanggal lahir dengan format tt-bb-yyyy (hari, bulan,
tahun) tidak manual, tapi dipilih pada kalender yang sudah disiapkan;
c. Isi No KTP Elektronik
d. Isi No Kartu Keluarga (KK)
e. Isi kode CAPTCHA yang tertera diatas pada kolom kosong
f. Klik LANJUTKAN.
Kemudian cetak
informasi akun pendaftaran berupa pdf file.
LANGKAH KEDUA: LOGIN
Setelah semua proses registrasi akun berhasil, maka kita keluar dari semua menu dan kembali masuk dengan cara meng-klik MENU LOGIN.
Didalam MENU LOGIN terdapat beberapa menu yaitu, SWAFOTO, FORMASI, BIODATA, DOKUMEN dan RESUME.
Pertama: Unggah Swafoto
Persiapkan Swafoto/foto
selfi, ikuti petunjuk/ketentuan swafoto yaitu
·
Swafoto/foto selfi
dengan memegang KTP Elektrik disebelah tangan kanan
·
Kartu informasi akun
yang sudah dicetak ketika pendaftaran dipegang di tangan sebelah kiri
·
Posisi foto melebar
(landscape) dan ukuran foto maksimal 200 kb berbentuk JPG/JPEG.
·
Setelah diunggah klik
tombol SELANJUTNYA
Kedua: Mendaftar Formasi
Memilih instansi,
pendidiakn, lokasi dan jabatan yang akan dilamar
·
Instansi Asal otomatis
sudah tercover dari nomor Tes K II Tahun 2013
·
Instansi saat ini
(silahkan pilih Pemerintah Kabupaten dimana tempat ibu bekerja atau yang akan
dilamar)
·
Jenis formasi sudah
paten yaitu PPPK
·
Jabatan (otomatis
pilihannya Cuma 1, yaitu GURU AHLI PERTAMA) karena kualifikasi Pendidikan kita
S.1 jadi Golongan III.a)
·
NUPTK/NPK (otomatis
sudah teruntegrasi dengan aplikasi Dapodik SD maupun SIMPATIKA Kemenag)
·
Pendidikan formasi
yaitu S.1
·
Pendidikan yaitu
pendidikan kita berdasarkan Data THK di BKN jadi otomatis
·
Pendidikan saat ini
(kita isi dengan kualifikasi pendidikan kita yang terbaru)
·
Lokasi kerja saat ini
(isi dengan unit kerja sekolah kita) dan nantinya server yang akan otomatis
mencari, jadi kita tinggal pilih saja. Tidak diisi manual.
·
Nama Perguruan Tinggi
kualifikasi Pendidikan terakhir
·
Nama Perguruan Tinggi (Sesuai
Ijazah)
·
IPK (Indek Prestasi
Kumulatif), dengan rentang nilai 0.0 s.d 100.0
·
Tanggal Ijazah
(tanggal dikeluarkannya Ijazah) dipilih pada kalendernya
·
No. Seri Ijazah
·
Tahun Lulus
·
Klik Tombol
SELANJUTNYA
Ketiga: Pengisian BIODATA
Lengkapi isian biodata
kita dengan benar dan teliti, supaya mengurangi kesalahan yang berakibat fatal.
·
Nama sesuai ijazah
(otomatis)
·
Nama KTP (otomatis)
·
Tempat Lahir ijazah
(ketik nama kabupatennya, kemudian server mencari otomatis)
·
Tanggal lahir ijazah
(sesuaikan dengan tanggal lahir di KTP)
·
Tanggal lahir KTP
(otomatis)
·
Email (isi email kita
yang aktif)
·
Alamat KTP (otomatis)
·
Jenis Kelamin
(Otomatis)
·
Alamat Domisili
(isikan alamat domisili kita sekarang dengan lengkap termasuk kelurahan dan
kecamatan)
·
Pilih Provinsi
·
Pilih Kabupaten/Kota
·
Isi Akum Media Sosial dengan
format: nama user (nama akun sosial. Contoh: Gilang Guntur (Facebook).
·
Isi tinggi badan
·
Pilih status
perkawinan sesuai KTP
·
Pilih Agama
kepercayaan
·
Isi No Telepon
(samakan dengan no Ponsel)
·
Isi No Ponsel
·
Klik TOMBOL
SELANJUTNYA
Unggah DOKUMEN
Pelamar diharuskan
mengunggah dokumen yang diperintahkan oleh BKN dengan persyaratan sesuai dengan
ketentuan.
Terdapat 6 row dan 3
kolom unggahan dokumen untuk pelamar Guru Kelas SD/MI, 1) kolom Jenis Dokumen, 2)
Status, 3) Aksi.
Pada kolom status akan
berupa jika kita sudah berhasil upload dokumen yang diminta. Begitupun pada
kolom Aksi,
·
Unggah dokumen ijazah
(ukuran maksimal 700 KB, berupa pdf)
·
Unggah KTP (ukuran
maksimal 200 KB, berupa JPG, JPEG)
·
Unggah Pas Foto
(ukuran maksimal 200 KB, berupa JPG, JPEG) biasanya otomatis sudah terunggah
ketika kita melakukan registrasi di bagian MENU REGISTRASI.
·
Unggah surat penugasan
dari kepala sekolah/kepala Dinas yang menyatakan masih aktif yang memuat
informasi minimal NUPTK/NIK, nama, tempat tanggal lahir, nama sekolah, mata
pelajaran yang diampu, kab/kota/provinsi (ukuran maksimal 1000 KB, berupa pdf)
·
Unggah surat
pernyataan bersedia ditempatkan disekolah negeri kabupaten/kota/provinsi sesuai
wilayah tempat mengajar dan berdasarkan peta kebutuhan guru saat ini (ukuran
maksimal 500 KB, berupa pdf)
·
Unggah Transkrip Nilai
(ukuran maksimal 500 KB, berupa pdf)
·
Klik Tombol
SELANJUTNYA
Catatan:
Sebelum kita mengklik
tombol selanjutnya, diharapkan kita mengecek ulang berkas yang kita unggah
dengan cara mengklik tombol lihat, nanti muncul hasil unggahan dokumen kita. Supaya
tidak ada kesalahan berkas.
· · Download surat penugasan dari kepala sekolah/kepala Dinas yang menyatakan masih aktif
RESUME
Cek ulang kembali data
dan informasi yang sudah kita input dan isi pada tahap-tahap sebelumnya. Pastikan
data kita sudah benar, pastikan data/dokumen yang kita unggah sudah benar dan
tidak ngeblur, jika sudah dianjurkan untuk mencentang tulisan pernyataan, lalu
klik tombol akhiri proses pendaftaran.
Terakhir cetak kartu Ujian/Kartu Tes PPPK Tahun 2019 berupa file pdf.
· Download surat pernyataan bersedia ditempatkan disekolah negeri kabupaten/kota/provinsi sesuaiwilayah
· Baca juga Persyaratan Pendaftaran Online PPPK/P3K pada link ssp3k.bkn.go.id
Demikian paparan tentang Cara Daftar PPPK/P3K via link ssp3k.bkn.go.id Tahun 2019 yang benar. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Cara Daftar PPPK/P3K via link ssp3k.bkn.go.id Tahun 2019 yang benar"
Silahkan Tinggalkan Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan!