Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom - SDN SOBANG 1
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom



Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom Google Classroom merupakan layanan online gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

https://sdnsobangsatu.blogspot.com/

Layanan ini diperkenalkan sebagai fitur G Suite for Education pada tanggal 6 Mei 2014, diikuti oleh rilis publiknya pada tanggal 12 Agustus 2014. Pada bulan Juni 2015, Google mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator sekolah dan pengembang untuk selanjutnya terlibat dengan Google Classroom. Pada bulan Maret 2017, Google membuka Kelas untuk mengizinkan pengguna Google pribadi masuk kelas tanpa persyaratan memiliki akun G Suite for Education, dan pada bulan April, dimungkinkan bagi pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas.

Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen, Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk menulis, Gmail untuk komunikasi, dan Google Kalender untuk penjadwalan, dan penelusuran Google untuk membantu proyek sekolah. Siswa dapat diajak ke kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, di mana siswa dapat mengirimkan karya untuk dinilai oleh seorang guru. Aplikasi seluler , tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android, pengguna bisa memanfaatkan melakukan berbagai aktifitas seperti mengambil foto dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja, dengan komentar, agar siswa merevisi dan memperbaiki tugas. Guru dapat memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat, dan siswa bisa berinteraksi dengan menuliskan komentar.
  
Berikut ini langkah-langkah Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom yang perlu dilakukan guru atau instruktur:

1.    Bukalah Google Classroom
  • Jika menggunakan aplikasi Android/IOS silahkan download aplikasi tersebut dengan keyword Google Classroom (Google Kelas), lanjutkan dengan install aplikasi tersebut 


  • Jika menggunakan browser (Chrome/Mozillla Firefox/dll) untuk memulai membuat pembelajaran menggunakan Google Classroom bukalah alamat: https://classroom.google.com dan loginlah dengan user dan password akun Google pribadi Anda atau akun Google Suite For Education Sekolah/lembaga Anda.

  • Berikut ini tampilan saat membuka Google Classroom di ponsel Android, selanjutnya tekan get started 


  • Selanjutnya pilih akun yang digunakan untuk membuka Classroom
  • Selanjutnya, Jika ada pilihan I’m Student dan I’m a Teacher, pilih I’m a Teacher


2.    Buatlah Kelas
  • Untuk membuat kelas silahkan klik tanda + pada bagian pojok kanan atas dan create class


  • Berilah nama yang akan Anda buat dan tekanlah create


  • Jika sudah selesai akan muncul seperti ini: 



3.    Menambahkan Siswa
  • Ada dua pilihan cara menambahkan siswa :

  1. Mengunakan Kode kelas
  2. Menggunakan undangan
  • Jika menggunakan Kode kelas, maka kode kelas tersebut harus diberikan pada siswa agar dimasukkan sendiri oleh mereka saat membuka dasbord google Classroom sehingga tergabung dengan kelas yang kita ciptakan sebelumnya. Letak kode kelas berada di pengaturan (pojok kanan atas dengan ikon gear). Salin atau catat kode tersebut dan bagikan ke siswa



  • Jika menggunakan Invite Student sebelumnya kita harus memiliki Nama akun atau email siswa untuk ditambahkan satu persatu pada daftar undangan, dan siswa akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah diundang untuk bergabung pada kelas yang muncul pada dasbord Google Classroom maupun pada email masing-masing siswa. Letak menu undangan siswa terletak pada tab People
  • Jika siswa siswa sudah tergabung maka akan mucul daftar nama siswa pada bagian student google classroom kita

  • Lanjutkan membuat kelas yang lain dengan cara sama seperti di atas


4.    Membuat Pengumuman atau pesan Pada Google Classroom
  • Arahkan classroom untuk menampilkan semua kelas yang kita ajar dengan menekan tiga garis di pojok kiri atas dan tekan Classes, selanjutnya pilih kelas yang akan kita kelola


  • Tampilan bawaan Classroom saat kita memilih Kelas berada di tab stream, pada tab ini muncul riwayat aktivitas apa saja yang dilakukan pada kelas yang kita kelola. Pada ta ini juga kita memberikan pengumuman, sapaan, atau pesan kepada siswa. Jika siswa diberikan kewenangan untuk menjawab pengumuman, maka komentar dan tanggapan mereka bisa pula tampil di sini

  
5.    Membuat Tugas (Create assignment)
  • Pilih Classwork, tekan tanda +, selanjutnya pilih assignment. Untuk membuat tugas kita sebelumnya harus mempersiapkan file bisa berupa gambar, dokumen, video, link website atau sekedar perintah yang berisi intruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa.




  • Selanjutnya yang dilakukan siswa adalah mengerjakan tugas sesuai dengan perintah guru dan bentuk pelaporannya adalah berupa lampiran file seperti foto, video, file pdf, file word dan file-file lainnya yang dikerjakan oleh mereka dan harus dilampirkan pada menu Assigment ini. Progres tentang pengerjaan tugas yang telah dilakukan siswa dapat dilihat oleh guru akan tampak seperti ini.



  • Untuk lebih jelasnya Bagaimana Panduan Membuat tugas pada Google Classroom, nantikan pada posting kami selanjutnya.

  
6.    Membuat Pertanyaan (Create Question)
  • Silahkan tekan question seperti yang pada gambar langkah 5.
  • Untuk membuat pertanyaan, ada dua jenis pilihan soal yaitu soal essay dengan jawaban singkat (short answer) dan soal pilihan ganda (multiple choice)
  • Progress pengerjaan soal pun bisa kita pantau, siapa saja yang sudah mengerjakan dan siapa saja yang belum mengerjakan soal tersebut beserta jawaban mereka
  • Setelah tugas masuk, kita dapat mengoreksinya dan memberikan skor atas soal yang telah dijawab.


7.    Menggunakan kembali aktivitas (Reuse Post)
  • Untuk menggunakan kembali aktivitas pembelajaran seperti menyampaikan pengumuman, membuat tugas dan membuat pertanyaan di Google Classroom dari satu kelas ke kelas yang lain, kita bisa menggunakan menu Reuse Post.

  
Demikianlah informasi singkat tentang Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom yang perlu kita kenali dan eksplorasi sebagai alternatif pembelajaran klasikal maupun pembelajaran yang menggunakan basis teknologi lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. #SalamSATUDATA.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Menggunakan Google Classroom"