BUKTI FISIK AKREDITASI BAN-SM TAHUN 2019
Akreditasi
sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi
Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu
lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi
Standar Pelayanan Minimal (SPM) terhadap masyarakat.
Download BUKTI FISIK AKREDITASI TAHUN 2019 Standar Isi Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya
Dalam
artikel ini dibahas mengenai bukti fisik akreditasi yang harus disiapkan oleh
sekolah berkaitan dengan 8 Standar Akreditasi. Disini yang dibahas adalah
Standar 1 yaitu Standar Isi. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
STANDAR
ISI
No
Instrumen 1
Bukti
Fisik
1.
Dokumen :
a)
Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada
kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat
Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru
Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai (Sikap Spiritual Siswa)
b)
Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap spiritual Siswa/Pengauatan
Pendidikan Karakter Siswa
Notulen
KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sepiritual/pendidikan karakter
c)
Rancangan dan hasil Penilaian sikap Spiritual , berupa Jurnal Penilaian,
Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program
penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap spiritual
d)
Program Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa
kegiatan keagamaan misalnya : Pesantren kilat, Ceramah Keagamaan, baca tulis
Alquran, Retret atau kegiatan lainnya
Bukti
fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir,
foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2.
Wawancara dengan Guru Kelas/Guru Mapel
Pedoman
wawancara :
1.
Pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.
Keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah/madarosah
No
Instrumen 2
Bukti
Fisik
1.
Dokumen
a)
Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada
kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat
Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru
Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai(sikap Sosial)
b)
Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap sosial Siswa/Penguatan
Pendidikan Karakter Siswa
Notulen
KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sosial/pendidikan karakter
c)
Rancangan dan hasil Penilaian sikap Sosial , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen
Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program
penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap sosial
d)
Program dan Hasil Kegiatan Ekstrakurikuler berupa kegiatan krida, misalnya :
Keramukaan, PMR, UKS, Paskibra, dan lainnya. Latihan olah bakat latihan olah
minat, misalnya : Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya dan lain-lain.
Bukti
fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir,
foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2.
Wawancara dengan guru kelas/Mapel tentang perangkat pembelajaran guru yang
memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial
Pedoman
wawancara:
Menanyakan
tentang perangkat pembelajaran yang memuat
sikap kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, percaya diri, peduli dan
bertanggungjawab.
No
Instrumen 3
Bukti
Fisik
1.
Dokumen
a)
Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi
Inti 3( Pengetahuan ) dan Kompetensi Dasar
Perangkat
Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru
Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi pengetahuan
b)
Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Notulen
KKG tentang pembahasan Pemetaan kompetensi Pengetahuan Siswa
c)
Program Kegiatan Ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja(KIR), Kegiatan
penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
Untuk
SD/MI Les mapel dan pembinaan lomba akademik
2.
Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti pengetahuan dan
kompetensi dasar pada setiap mapel
No
Instrumen 4
Bukti
Fisik
1.
Dokumen
a)
Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi
Inti 4( Keterampilan) dan Kompetensi Dasar
Perangkat
Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru
Dan buku Siswa, 5 Kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, 6
Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi keterampilan
b)
Buku Pelajaran
Memeriksa
buku pelajaran yang ada di sekolah dari kelas 1 sampai kelas 6, memenuhi
perbandingan 1:1 atau tidak.
c)
Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
d)
Penilaian ketrampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portopolio, berupa
kegiatan pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau
produk siswa seperti poster, karangan, puisi dan lain-lain.
2.
Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti Ketrampilan dan
kompetensi dasar pada setiap mapel
No
Instrumen 5
Bukti
Fisik Khusus Mapel PAI
1.
Dokumen
a)
Prota dan Prosem.
b)
Perangkat Pembelajaran
c)
buku yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
d)
Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan siswa
2.
Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.
No
Instrumen 6
Bukti
Fisik
1.
Dokumen
a)
Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap Kelas setiap semester.
RPP
Tematik terpadu pada setiap kelas tiap semester
b)Silabus
dan RPP Pembelajaran Tematik Terpdu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya
dengan buku guru dan buku siswa.
Pemeriksaan
kesesuaian antara silabus, RPP dengan buku guru dan buku siswa
c)
Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Memeriksa
notulen KKG yang membahas tentang kompetensi pengetahuan
2.
Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas IV, V dan VI
Pedoman
Wawancara : Menayakan kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di
sekolah
No
Instrumen 7
Bukti
Fisik
1.
SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
Download SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum
Sekolah/Madrasah
2.
Daftar Hadir Kegiatan Pengembangan Kurikulum
BACA JUGA CARA LOGIN APLIKASI SISPENA BAN-SM TAHUN 2019
3.
Daftar Hadir Nara Sumber
4.
Berita Acara Pengembangan Kurikulum
Download
Berita Acara Pengembangan Kurikulum
5.
Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum
No
Instrumen 8
Bukti
Fisik
1.
Dokumen KTSP bagian Kerangka Dasar sesuai dengan Pedoman Pengembangan KTSP
Memeriksa
Kerangka Dasar KTSP yang meliputi : 1) Perumusan Visi Missi dan Tujuan sekolah,
2) Pengorganisasian muatan kurikuler sekolah, 3) Pengaturan beban belajar siswa
dan beban kerja guru pada tingkat kelas, 4) Penyususnan Kaldik Sekolah, 5)
Penyusunan silabus muatan atau mapel Mulok, 6) Penyusunan RPP Seiap Mupel
2.
Dokumen Silabus mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan silabus
Mata Pelajaran lainnyatermasuk muatan lokaldalam betuk soft copy dan hard copy
Memeriksa dokumen kurikulum muatan lokal yang
ada di sekolah
No
Instrumen 9
Bukti
Fisik
Dokumen
KTSP yang telah disahkan Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Memeriksa
dokumen kurikulum yang berlaku ditahun berjalan dan tahun sebelumnya.
No
Instrumen 10
Bukti
Fisik
1.
Struktur kurikulum di sekolah/madarosah
2.
Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
Memeriksa
Program Kegiatan mandiri terstruktur dan Program mandiri tidak terstruktur,
bukti pelaksanaan (hasil kerja siswa).
Download
Program Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3.
Jadwal pelajaran, Daftar hadir, dan RPP
4.
Hasil belajar seni budaya, prakarya dan kewirausahaan
Memeriksa
bukti foto dokumen seni budaya, hasil karya siswa dan hasil kewirausahaan
5.
Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Memeriksa
laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang menerangkan
terlaksananya atau tidak terlaksananya suatu program
DOWNLOAD
BUKTI FISIK AKREDITASI LENGKAP DISINI
DEMIKIAN sharing saya tentang BUKTI FISIK AKREDITASI BAN-SM TAHUN 2019, bagi sekolah yang akan Akreditasi Tahun 2019, semoga bermanfaat.
DEMIKIAN sharing saya tentang BUKTI FISIK AKREDITASI BAN-SM TAHUN 2019, bagi sekolah yang akan Akreditasi Tahun 2019, semoga bermanfaat.
TONTON VIDEO CARA DOWNLOAD SERTIFIKAT AKREDITASI:
Posting Komentar untuk "BUKTI FISIK AKREDITASI BAN-SM TAHUN 2019"
Silahkan Tinggalkan Komentar
Berkomentarlah dengan Sopan!